Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Materi Biodeversitas Air Laut I Berdasarkan Inventarisasi Makroalga di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.159Keywords:
Biodeversitas, LKM, Makroalga, Pantai SindangkertaAbstract
Potensial lokal Makroalga di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Makroalga merupakan materi yang dipelajari pada mata kuliah biologi akuatik bagi mahasiswa Pendidikan biologi dengan pokok bahasan biodiversitas air laut I (lamun dan makroalga). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang dikembangkan berdasarkan informasi mengenai inventarisasi Makroalga di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang dimodifikasi menjadi model 3D yaitu (Define, Design, dan Development) sebagai prosedur pengembangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media LKM ini dinyatakan layak dengan perolehan persentase rata-rata 80% dengan kategori layak dan hasil respon mahasiswa 87% termasuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan LKM berdasarkan inventarisasi Makroalga di Pantai Sindangkerta Tasikmalaya layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Biologi Akuatik dan dapat direkomendasikan untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Downloads
References
Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) menggunakan pendekatan matematika realistik indonesia berbasis konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 1-10.
Akbar, Sa’dun. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Arikunto, (2016), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.
Asnaini, A. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Lantanida Journal, 4(1), 60-71.
Ayhuan, H. V., Zamani, N. P., & Soedharma, D. (2017). Analisis Struktur Komunitas Makroalga Ekonomis Penting Di Perairan Intertidal Manokwari, Papua Barat. Jurnal Teknologi Perikanan Dan Kelautan, 8(1)(1), 19–38.
Briliani, M., & Wibowo, Y. (2016). Penyusunan Modul Pengayaan Keanekaragaman Jenis Makroalga Di Pantai Drini Sebagai Bahan Ajar Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA. Jurnal Edukasi Biologi, 5(4).
Borg. W.R. & Gall, M.D. (1983) Educational Research: An Introduction, New York: Longman.
Festi, Jumiati, & La Aba. (2022). Identifikasi Jenis-jenis Makroalga Di Perairan Pantai Sombano Kabupaten Wakatobi. Jurnal Penelitian Biologi Dan Kependidikan, 1(1), 11–24.
Kurniawan, R. (2017). Keanekaragaman Jenis Makroalga di Perairan Laut Desa Teluk Bakau Kabupaten Bintan Kepulauan Riau. Skripsi. Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang.
Marianingsih, P., Amelia, E., & Suroto, T. (2013). Inventarisasi dan Identifikasi Makroalga di Perairan Pulau Untung Jawa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 1(1), 219–225.
Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta. Diva PRESS
Rani, S., Jumiarni, D., Ruyani, A., Rahman, A., & Kasrina, K. (2021). Pengembangan LKPD pada Materi Protista Kelas X SMA Berdasarkan Keanekaragaman Mikroalga di Sungai Bengkenang. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 217-225.
Sadjati, Ida Malati. (2006). Edisi 1 Pengembangan Bahan Ajar, Jakarta: Universitas Terbuka.
Salahudin, A., & Alkrienciehi, I. (2013). Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Pustaka Setia.
Sugianti, Y. H. R. D. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: Teori dan praktek. Pasuruan: Lembaga Academic Dan Research Institute.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan., S. et al. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota: University Of Minnesota
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tim Puslitjaknov. (2008) Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yepi Diki Naufal, R. Ading Pramadi, Epa Paujiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.