Adaptasi Magazine Tanaman Obat Di Daerah Sindangkerta Sebagai Suplemen Materi Keanekaragaman Hayati Tumbuhan
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.158Keywords:
Etnobotani, Magazine, R&D, Tanaman ObatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media magazine dari hasil studi etnobotani tumbuhan obat oleh Masyarakat Kecamatan Sindangkerta Desa Cicangkanggirang dan Puncaksari. Pengembangan magazine dilakukan untuk mengatasi kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran pada submateri pemanfaatan keanekaragaman hayati. Materi ini memiliki peluang besar dalam menggali potensi lokal, dengan mengetahui manfaat-manfaat dari keanekargaman hayati yang disajikan dalam magazine yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan yang ada di sekitar. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D yang dimodifikasi menjadi model 3-D (Define, Design dan Development). Hasil analisis kelayakan melalui validasi ahli materi, ahli media dan guru biologi dinyatakan sangat layak dengan perolehan persentase rata-rata yaitu 83,2% dan hasil uji keterbacaan peserta didik 90,2% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Magazine Tanaman Obat Di Daerah Sindangkerta Sebagai Suplemen Materi Keanekaragaman Hayati Tumbuhan layak digunakan.
Downloads
References
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fuad, A., Karim, H., & Palennari, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran E-Magazine sebagai sumber belajar biologi siswa kelas XII. Biology Teaching and Learning, 3(1), 38-45.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setya.
Irwanto, H. D., & Jumini, S. (2020, August). Penggunaan Majalah Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Siswa SMA 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019. In Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ (Vol. 2, No. 1, pp. 179-191).
Saifuddin, M & Idham. (2017). Strategi Belajar-Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Sitepu, B. P. (2014). Pengembangan sumber belajar.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Deepublish.
Thiagarajan, S., Semmel D. S., Semmel M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University
Wulandari, W., Widiyaningrum, P., & Setiati, N. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulfa Munawaroh, Maratus Solikha, Muhammad Muttaqin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.