Pengembangan E-LKM Birdwatching Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Praktikum Keanekaragaman Hewan II Materi Aves
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.157Abstract
Pelaksanaan praktikum mata kuliah keanekaragaman hewan II pada materi aves biasanya dilakukan dengan pengamatan langsung, yaitu birdwatching (pengamatan burung). Namun dalam pelaksanaannya belum ada lembar kerja yang mendukung sehinga kurang mengasah keterampilan proses sains mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja mahasiswa dalam bentuk elektronik atau disebut dengan E-LKM praktikum aves (birdwatching). Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (research and Development) dengan model 3-D (define, desain dan development) yang mengadaptasi dari model penelitian pengembangan 4-D (Thiagarajan, 1974). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung berjumlah 25 orang yang dipilih secara random. Data penelitian diperoleh dari angket ahli materi dan media serta respon mahasiswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-LKM layak digunakan. Ahli materi memperoleh nilai rata-rata 85% dan ahli media 83,33% serta respon mahasiswa terhadap E-LKM birdwatching berbasis keterampilan proses sains memperoleh 79,80%.
Downloads
References
Aldresti, F., Erviyenni, E., & Haryati, S. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Elektronik (e-LKM) berbasis Collaborative Learning Untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Pendidikan MIPA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 292–299.
Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Bibby, C., M. Jones., & S. Marsden. (2000). Teknik Ekspedisi Lapang: Survei Burung. Bogor: BirdLife International-Indonesia Programme.
Hamdiyati, Y., & Kusnadi. (2007). Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Kerja Ilmiah pada Matakuliah Mikrobiologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 10 (2), 36– 42.
Handika, M. (2019). Pengembangan E-Lkm Matematika Ekonomi Berbasis Moodle Pada Materi Hitung Keuangan. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Haryati, Setiadi, D., & Ismawati. (2021). Hubungan Pelaksanaan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungi Di Sma Swasta Persiapan Stabat. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris. Vol.3, No.1.
Helaludin Tulak H., Vonny S. (2020). Penelitian & Pengembangan Sebuah Tinjaun dan Praktik dalam Bidang Pendidikan. Serang: Media madani.
Krisnawati, Y., & Fitriani, L. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Eksplorasi Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(1), 8–23Suhaimi 2017.
Kurnia, I., Arief, H., Mardiastuti, A., & Hermawan, R. (2021). Urban landscape for birdwatching activities. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 879(1).
Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4 (3), 139.
Murtalib, M., Gunawan, G., & Syarifuddin, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Elektronik (E-LKM) Interaktif Berbantuan Live Worksheet pada Perkuliahan Daring. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 130-145.
Ozgelen, S. (2012). Students’ science process skills within a cognitive domain framework. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8 (4), hlm. 283-292.
Puspitasari, E. D., Susilo, M. J., & Febrianti, N. (2019). Developing psychomotor evaluation instrument of biochemistry practicum for university students of biology education. Research and Evaluation in Education , 5(1), 1–9.
Rabuandika, A., Sartika, R. P., & Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Praktikum Elektronik Berbasis 3D Pageflip Professional Pada Praktikum Dasar-Dasar Kimia Analitik. ARRAZI Jurnal Ilmiah, 9(1).
Rezba, R., Sprague, C., & Fiel, R. (2003). Learning and assessing science process skills. Hunt Publishing Company Thiagarajan
Riduwan, & Sunarto. (2019). Pengantar Statistika untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Bandung: Alfabet
Rustaman, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sitepu. (2008). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta :Guru Besar Uiversitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan.
Salirawati, D. (2004). Penyusunan dan kegunaan LKS dalam proses pembelajaran. Jurrnal Online.
Savitri, dkk. (2016). Respon Siswa Terhadap E-comic Bilingual Saluran dan Kelenjar Pencernaan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 8.
Shoffa, S., dkk (2023). Media Pembelajaran. Sumatra Barat: CV Afasa Pustaka.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sujadi, 2002. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi. (2020) Landasan Pengembangan Bahan Ajar Menunju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan ajar Berbasis Kontekstual. Mataram; Sanabil Creative.
Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.
Triana, Y., Enawaty, E., Sahputra, R., Muharini, R., & Sartika, R. P. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL dengan liveworhseet pada pokok bahasan termokimia di SMA/MA Pontianak. In Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia (Vol. 4, pp. 38-42).
Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering The 21st Century Skills Through Scientific Literacy And Science Process Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116.
Wardani & Romadon. (2023). E-LKM berbasis PBL (Problem Based Learning) dengan muatan potensi lokal flora bangka belitung materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(1), 208-220.
Yuniati, M. (2023). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Project based learning pada Mata Kuliah Busana Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syaeful Mubarok, R. Ading Pramadi, Astri Yuliawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.