Evaluasi Pengalaman Mahasiswa Farmasi Angkatan 2021 dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.110Keywords:
Pembelajaran daring, Mahasiswa Farmasi, Pandemi COVID-19, Efektivitas Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengalaman mahasiswa Farmasi Angkatan 2021 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Metode digunakan penelitian deskriptif kualitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada 127 mahasiswa melalui Google Form dan melakukan wawancara mendalam pada beberapa responden. Untuk mengetahui distribusi frekuensi dan nilai rata-rata, data dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Selanjutnya, data dikategorikan menjadi rendah, sedang, dan tinggi. Hasil survei menunjukkan bahwa aspek belajar mengajar dalam pembelajaran daring dikategorikan sebagai "Sedang" dengan nilai rata-rata 3,38, mengindikasikan perlunya peningkatan dalam membantu mahasiswa memahami teori dan keterampilan yang diberikan secara daring. Sementara itu, kemampuan dosen dalam pembelajaran daring dikategorikan "Tinggi" dengan nilai rata-rata 4,02, dan sarana serta prasarana untuk pembelajaran daring juga dikategorikan "Tinggi" dengan nilai rata-rata 3,96. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pengalaman mahasiswa farmasi dalam pembelajaran daring dan aspek-aspek yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitasnya di masa depan, serta dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan saat membuat kebijakan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa farmasi.
Downloads
References
Argaheni, N. B. (2020). Sistematika penerapan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Cepu. Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-8.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99.
Betari, B., Righo, A,. & Putri, T.H,. (2021). "Dampak Pembelajaran daring Pada Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19: Literature Review" Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Diva, A.S., Chairunnisa, A.A., & Mufidah, T.H. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Current Research in Education: Conference Series Journal 1(1), 1-10.
Fauziah, F. and Karhab, R.S. (2019) “Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa,” JURNAL PESUT : PENGABDIAN UNTUK KESEJAHTERAAN UMAT, 1(2), pp. 129–139.
Firman, F., & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.
Firmansyah, F., (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Self-Efficacy Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi D3 Farmasi. (Tulisan Ilmiah Pendidikan). 11(1), 53-58.
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian ManajemenEdisi 5, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-8.
Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode pembelajaran melalui WhatsApp Group selama pembelajaran daring pada masa pandemik Covid-19. Jurnal Kajian Insani, 5(1), 68-73.
Natawiria, A. S. & Riduwan. (2010). Statistika Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Nurlina, L.F., Riyadi, & Sriyanto, M.I. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika Kelas VI. Jurnal Pendidikan Ilmiah 9(3), 138-142.
Puspitasari, A. D. (2020). Upaya peningkatan keaktifan mahasiswa Farmasi Universitas Kadiri dalam pembelajaran daring mata kuliah Fisiologi Manusia di masa pandemi COVID-19. Jurnal Info Kesehatan, 18(1), 15-22.
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi COVID-19 pada guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-870.
Rahman, M.A., (2021). "Persepsi Mahasiswa Farmasi Terhadap Perkuliahan Daring Selama Masa Pandemi Covid-19." Skripsi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajrin Noviyanto, Afifah Nur Shobah, Salkia Bunga Cantika, Via Novita Sari, Deo Renata, Teguh Ardianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.