Pengaruh Program Integrasi Kecakapan Hidup Terhadap Penetapan Tujuan Dan Pemecahan Masalah Pada Atlet Senam PPLP Jawa Barat

Authors

  • Muhammad Ghifari Ibnul Kamal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Akhmad Sobarna Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Rony Muhamad Rizal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Idris Supriadi STKIP Syekh Manshur

DOI:

https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.103

Keywords:

kecakapan hidup, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, senam

Abstract

Atlet yang berada di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) menghabiskan banyak waktu di lapangan latihan sehingga sulit beradaptasi dengan lingkungan sosial. Oleh karena itu, perlu membangun program pemuda positif melalui kecakapan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program Integrasi Kecakapan Hidup terhadap pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, menganalisis perbedaan antara atlet senam yang diberikan program kecakapan hidup dan yang tidak, menganalisis peningkatan kedua komponen tersebut. Metode penelitian kuasi-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi semua atlet senam Jawa Barat dengan rentang usia 11 - 21 tahun dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah atlet PPLP Jawa Barat dengan total 12 atlet dan Atlet Klub dengan total 12 atlet. Instrumen penelitian adalah LSSS (life skill scale for sport), teknik pengumpulan data adalah kuesioner skala penilaian Likert. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample T test dan paired sample T test. Terdapat pengaruh program Integrasi Kecakapan Hidup terhadap pengambilan keputusan dan pemecahan masalah pada Atlet Senam Lantai PPLP Jawa Barat dengan nilai signifikansi (sig 2-tailed) 0,000 <0,05. Terdapat perbedaan antara atlet senam yang diberikan program kecakapan hidup dan yang tidak dengan signifikansi (sig 2-tailed) 0,002 <0,05. untuk komponen pengambilan keputusan mendapat peningkatan rata-rata 25,27% sedangkan untuk komponen pemecahan masalah mendapat peningkatan rata-rata 16,93% pengembangan kecakapan hidup pada remaja yang mengikuti latihan senam yang diberikan integrasi kecakapan hidup lebih baik jika dibandingkan dengan pengembangan kecakapan hidup remaja yang mengikuti latihan senam non-integrasi kecakapan hidup ke dalam program latihannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Sobarna, Sumbara hambali, Sanday Tantra Pratama, Mohd Shariman Shafie, Muhammad Gilang Ramadhan. (2023). The Effect of Training Stride Length and Stride Frequency On Increasing Sprint Speed. Journal Migration Letters 20 (6), 1122-1136.

Akhmad Sobarna, Joseph Lobo, Edi Setiawan, Kristia Estilo, Lou Margarett Parcon, Andrea Audine Bulquerin, Jackelyn Delos Santos, Mike Jhun Valencia, Joanna Marie Sabid, Frienzie Inayan, (2023). An examination Of an 8-week online activity-specific skills program to BMI of local college student. Journal Fizjoterapia Polska 3 (2023), 228-234.

Akhmad Sobarna, Ahmad Hamidi,. (2023). Improving Adolescent Life Skills Through Sport Programs At The Child Correctional Institution, Jurnal pendidikan Jasmani dan Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 8, No 2 (2023)

Anira. (2019). PENGARUH PHYSICAL ACTIVITY TERHADAP PENINGKATAN LIFE SKILLS. Repository.Upi.Edu, 24(2008), 24–35.

Batista, M., Cubo, D. S., Honório, S., & Martins, J. (2016). The practice of physical activity related to self-esteem and academical performance in students of basic education. Journal of Human Sport and Exercise, 11(2), 297–310. https://doi.org/10.14198/jhse.2016.112.03

Beamish, N. (2012). Developing Life Skills through Physical Activity: A Teaching Personal and Social Responsibility Model Approach. November 2012.

Bean, C., & Forneris, T. (2016). Examining the Importance of Intentionally Structuring the Youth Sport Context to Facilitate Positive Youth Development. Journal of Applied Sport Psychology, 28(4), 410–425. https://doi.org/10.1080/10413200.2016.1164764

Bean, C., Kendellen, K., & Forneris, T. (2016). Moving Beyond the Gym: Exploring Life Skill Transfer Within a Female Physical Activity-Based Life Skills Program. Journal of Applied Sport Psychology, 28(3), 274–290. https://doi.org/10.1080/10413200.2015.1124155

Caine, D. J. (n.d.). Handbook of Sports Medicine and Science.

Cronin, L. D., & Allen, J. (2017). Development and initial validation of the Life Skills Scale for Sport. Psychology of Sport and Exercise, 28, 105–119. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2016.11.001

Danish, S. J., & Nellen, V. C. (1997). New roles for sport psychologists: Teaching life skills through sport to at-risk youth. Quest, 49(1), 100–113. https://doi.org/10.1080/00336297.1997.10484226

Dostál, J. (2014). Theory of problem solving. Science Direct, 5(February). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.970

Fraenkel, J. R. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. In Quarterly Review of Biology (Vol. 8, Issue 3). https://doi.org/10.1086/393991

Hadjarati, H., Haryanto, A. I., Olahraga, P. K., Keolahragaan, I., & Lantai, S. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. 19(2), 137–145.

Haffiandy, R. (2020). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga The Effect Of Online Physical Education ( OLPE ) On Students ’ Life Skills During Covid-19 Era. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(13).

Holt, N. L. (2007). Positive youth development through sport. Positive Youth Development Through Sport, 1–137. https://doi.org/10.4324/9780203944783

Jacobs, J. M., & Wright, P. M. (2016). An alternative application of imagery in youth sport : Promoting the transfer of life skills to other contexts Promoting the transfer of life skills to other contexts. 0704(March). https://doi.org/10.1080/21520704.2015.1123205

Kendellen, K., & Camiré, M. (2017). Examining the life skill development and transfer experiences of former high school athletes. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 15(4), 395–408. https://doi.org/10.1080/1612197X.2015.1114502

Kendellen, K., Camiré, M., Bean, C. N., & Forneris, T. (2016). Integrating life skills into Golf Canada ’ s youth programs : Insights into a successful research to practice partnership. 0704(September). https://doi.org/10.1080/21520704.2016.1205699

Kendellen, K., Camiré, M., Bean, C. N., Forneris, T., & Thompson, J. (2017). Integrating life skills into Golf Canada’s youth programs: Insights into a successful research to practice partnership. Journal of Sport Psychology in Action, 8(1), 34–46. https://doi.org/10.1080/21520704.2016.1205699

Larson, R. W., Hansen, D. M., & Moneta, G. (2006). Differing profiles of developmental experiences across types of organized youth activities. Developmental Psychology, 42(5), 849–863. https://doi.org/10.1037/0012-1649.42.5.849

Ma’mun, A. (2016). Pembudayaan Olahraga dalam Perspektif Pembangunan Nasional Konsep, Strategi, dan Implementasi Kebijakan. Jurnal Pendidikan Sains Sosial Dan Kemanusiaan, 9(1), 65–88.

Muktamar, R. N., Rahayu, T., Rachman, H., & Rahayu, S. (2018). Model of Motor Skills to Improve Life Skill of Elementary School Children in Palembang, Indonesia. January. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.83

Papacharisis, V., Goudas, M., Danish, S. J., & Theodorakis, Y. (2005). The effectiveness of teaching a life skills program in a sport context. Journal of Applied Sport Psychology, 17(3), 247–254. https://doi.org/10.1080/10413200591010139

Pierce, S., Erickson, K., & Dinu, R. (2019). Teacher-Coaches’ Perceptions of Life Skills Transfer from High School Sport to the Classroom. Journal of Applied Sport Psychology, 31(4), 451–473. https://doi.org/10.1080/10413200.2018.1500402

Slater, A., Campbell, A., Smith, A., & Straker, L. (2015). Greater lower limb flexion in gymnastic landings is associated with reduced landing force: a repeated measures study. Sports Biomechanics, 14(1), 45–56. https://doi.org/10.1080/14763141.2015.1029514

Yılmaz, S., & Sicim-Sevim, B. (2020). The examination of the differences in the motor proficiency skills of children practising gymnastics vs. non-sportive children. Early Child Development and Care, 190(9), 1455–1462. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1559159

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Kamal, M. G. I., Sobarna, A., Rizal, R. M., & Supriadi, I. (2024). Pengaruh Program Integrasi Kecakapan Hidup Terhadap Penetapan Tujuan Dan Pemecahan Masalah Pada Atlet Senam PPLP Jawa Barat. Metakognisi, 6(2), 51–61. https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.103

Issue

Section

Articles