Pengaruh Metode Mendongeng terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 4-6 Tahun di Raudhatul Athfal (Ra) Se Kecamatan Cimanuk
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.261Keywords:
Metode Mendongeng, Kecerdasan Linguistik, Raudhatul AthfalAbstract
Studi ini bertujuan untuk menentukan bagaimana dongeng memengaruhi kecerdasan linguistik anak-anak di Raudhatul Athfal (RA) di Kecamatan Cimanuk pada tahun ajaran 2024. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan 240 sampel dari wali murid Raudhatul Athfal (RA) di kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. 142 sampel dikumpulkan menggunakan metode pengambilan sampel proporsional stratified random dengan taraf 5%. Data dikumpulkan melalui observasi, instruksi, dan kuesioner. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan korelasi moment produk dan uji reliabilitas dilakukan dengan alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis, yang mencakup uji normalitas dan linieritas. Dengan 142 sampel yang digunakan sesuai dengan persamaan regresi sederhana, ditemukan bahwa Ry lebih besar dari R Tabel (0,862 lebih besar dari 0,176), dan ada hubungan kekuatan dan persentase yang sangat kuat. Nilai f hitung dari tabel ditemukan 405.727 > 3,91 melalui uji signifikansi. Di raudhatul athfal di kecamatan cimanuk kabupaten pandeglang, nilai t hitung dan t tabel 20.143 lebih besar dari 1,645, yang menunjukkan bahwa metode mendongeng memengaruhi kecerdasan linguistik anak-anak berusia 4 hingga 6 tahun. Oleh karena itu, H0 ditolak dan Ha diterima, dan koefisien determinasi (R persegi) adalah 0,743. Ini menunjukkan bahwa ada 74,3% pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 74,3%
Downloads
References
Agustine, F. (2019). Kontribusi Pengasuhan Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa. Skripsi. Universitas sultan ageng tirtayasa
Al-Qudsy, Muhaimin dan Nurhidayah, Ulfah.2010. Mendidik Anak Lewat Dongeng. Yogyakarta : Madania.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Metode Khusus Pengembangan Kemampuan Berbahasa, Jakarta, 1996.
Diknas, 2007. Pengembangan Bakat Non Akademik. Jakarta: Depdiknas.
Djoko Adi Walujo, Aries Listyowati, Pendidikan Bela Negara Melalui Permainan Kecerdasan Jamak, (Depok: Kencana, 2017).
Dra. Lilis Madyawati, M.Si., Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak, (Jakarta: PT. Kharisma Putra Utama, 2016)
Elizar dan Rusdinal. 2005. Pengelolaan Kelas Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Igrea Siswanto dan Sri Lestari, 2021. Panduan Bagi Guru dan Orangtua Pembelajaran Atriaktif dan 100 Permainan Kreatif Untuk PAUD, Yogyakarta: Andi.
Jasmin, Hana, 2011. Terapi Kecerdasan Anak Dengan Dongeng. Yogyakarta: Berlian Media.
Kartono, Dr. Kartini. 1990. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.
Khadijah, Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah, (Medan: Perdana Mulya Sarana, 2012).
Majid, Abdul Azizi Abdul. (2008). Mendidik dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Martini Yasmin, & Kunandar (2013). Panduan PAUD. Ciputat Gaung Persada Press Group.
Mochtar, syamsuar. (1987). CBSA: prinsip pokok dan pelaksanaan disekolah dasar. Klaten: intan pariwara.
Nandang Kosasih & Dede Sumama. 2013. Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Poerwadarminta.1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka.)
Roestiyah, 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Saliwangi, 1994. Pendidikan Bahasa dan Sastra. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofia, Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Depdiknas.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2022).
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2019).
Sujarweni (2015) W. SPSS Untuk Penelitian,(Yogyakarta: Pustaka Baru Press)
Sunaryo, 1995. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: FKSS-IKIP.
Suyanto, Slamet, 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS ,(Jakarta: Kencana, 2013).
Tampubolon, 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak, Bandung: Angkasa.
Yusuf, A. M. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, (Jakarta: Kencana, 2014).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elis Haerani, Elma Wizarotul Maliah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.