Analisis Deskriptif Pemanfatan Media Audio Visual Berbantuan Youtube Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri Sodong 2
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.122Keywords:
Media Audio Visual, Youtube, Pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurang efektif dan efisiennya proses belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal tersebut terlihat dari banyaknya siswa yang kurang memperhatikan dalam proses pembelajaran karena menganggap pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang monoton. Selain itu, dalam pembelajaran guru tidak selalu menggunakan media untuk menunjang pembelajaran. Guru perlu memberikan pembelajaran yang melibatkan pemanfaatan lebih banyak indera seperti halnya pemanfaatan media audio visual berbantuan youtube. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ditemui dalam pemanfaatan media audio visual berbantuan youtube diantaranya: berkolaborasi dengan guru yang sudah mahir dalam menggunakan IT, memiliki metode dan strategi yang beragam guna mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, mengunduh video sebelum pembelajaran, meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menyampaikan, menjelaskan serta menjabarkan materi pembelajaran, menjelaskan atau menjabarkan materi dari youtube berdasarkan poin-poin pentingnya saja, memilih video yang paling banyak ditonton atau ratingnya tinggi serta melengkapi sarana dan prasarana sebagai alat penunjang proses pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media audio visual berbantuan youtube pada pembelajaran IPA di SD Negeri Sodong 2 dapat membangun semangat dan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semangat, antusias, ketertartarikan dan konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Sedangkan kendala yang terjadi selama pemanfaatan media audio visual berbantuan youtube di SD Negeri Sodong 2 sudah dilakukan upaya untuk mengatasinya, sehingga pembelajaran IPA berlangsung dengan baik.
Downloads
References
Herminingsih. (2020). Pengaruh YouTube Sebagai Media Pembelajaran dalam Perkembangan Kognitif, Afektif dan Psikomotor Siswa. Palu: Universitas Islam Negeri Datokarama.
Nursalim. (2018). Manajemen Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Lontar Mediatama.
Pusat Data & Analisa Tempo. (2021). Youtube: Situ Berbagi Video Pengganti Televisi?. Tempo Publishing.
Sanjaya, Wina. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Saputro, K.A., Sari, C.K., & Winardi, S.W. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
Suwarto, Muzaki, A., & Muhtarom. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pengetahuan dan Pengajaran, 15(1). Sukoharjo: Universitas Veteran Bangun Nusantara.
Wigati, S., Rahmawati, D.S., & Widodo, S.A. (2018). Pengembangan YouTube Pembelajaran Berbasis Ki Hajar Dewantara untuk Materi Integral di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 810-813).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suci Dwi Handayani, Nandang Kusmana, Sari Widianingsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.