Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Cililitan 1 Kecamatan Picung Kabupaten Pandeglang

Authors

  • Andri Imam Subekhi STKIP Babunnajah
  • Yuliana Aristian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Babunnajah Pandeglang
  • Ayu Lestari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Babunnajah Pandeglang

DOI:

https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.109

Keywords:

Pendekatan RME, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Control group pretetst-posttest design, dimana melibatkan dua kelas sebagai kelas sampel dalam penelitiannya. Kelas pertama yaitu kelas V/A yang dijadikan sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa dan kelas kedua yaitu kelas V/B yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda. Tes berupa Pretest dan Posttest yang diberikan sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan yang dimana kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan model pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Instrumen yang kedua yaitu angket respons siswa terhadap pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) yang diberikan kepada kelas eksperimen selaku kelas sampel yang mendapatkan perlakuan pendekatan RME. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN Cililitan 1 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan rata-rata 81,74. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional adalah 74,50. Berdasarkan hasil uji t diperoleh Uji kesetaraan Varians Levene sebesar 0,848  0,05 dan nilai    (2,390  2,020).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S., Helsa, Y., & Ariani, Y. (2020). Pendekatan Realistik Dan Teori Van Hiele. Deepublish.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aryanti. 2020. Inovasi pembelajaran matematika di sd (Problem Based Learning Berbasis Scaffolding, Pemodelan dan Komunikasi Matematis). CV Budi Utama

Asri, Y. N., Alti, R. M., Rizqi, V., Rismawati, E., Gatriyani, N. P., Amarulloh, R. R., ... & Zulaiha, F. (2022). Model-Model Pembelajaran. Haura Utama.

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133.

Andriani, F. (2015). Teori belajar behavioristik dan pandangan islam tentang behavioristik. Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam, 6(2), 165-180.

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49-61.

Budianto, B. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 413-424.

Catrining, L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(2), 120-129.

Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203-209.

Fahrurrozi, F., & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika.

Fitriani, K., & Maulana, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52.

Hamzah dan Susanti. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kajian Teoritik & Praktik. Malang: Literasi Nusantara

Hidayat, E. I. F., Yandhari, I. A. V., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106-113.

Hidayat, T., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV melalui model pembelaran discovery learning pada tema indahnya keberagamandi negeriku. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 1-9.

Jaya, Indra (2019). Penerapan Statistik Untuk Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group

Putri, K. C., & Sutriyono, S. (2018). Pengaruh metode pembelajaran STAD terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 295-306

Rahman, A. A., & Mirati, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Aceh Barat. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 323-333.

Rahman, A. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Strategi Belajar Mengajar Matematika.

Ruqoyyah, S. (2021). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Rianasari, V. F., & Sulistyani, N. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Sanata Dharma University Press.

Sabri, Ahmad. (2011). Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: PT Ciputat Press

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80.

Sawitri, E. R. (2023). Model Discovevery Learning Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Uwais Inspirasi Indonesia.

Subana, dkk. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung

Susanto Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Susilowati, D. (2019). Meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang operasi hitung penjumlahan pecahan berbeda penyebut melalui pendekatan realistic mathematic education (RME) siswa kelas V semester 1 SDN Banyuanyar 1 no 109 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Konvergensi, 6(27), 7-15.

Sutianah, D. C., PD, S., & PD, M. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopandi, D., & Andina Sopandi, N. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Deepublish.

Tarigan, D. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Imam Subekhi, A., Aristian, Y., & Lestari, A. (2024). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Cililitan 1 Kecamatan Picung Kabupaten Pandeglang. Metakognisi, 6(2), 127–142. https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.109

Issue

Section

Articles