Hubungan Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Al Amanah Ciwidey

Authors

  • Jati Baharudin Yusuf Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Aep Rohendi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Vicky Ahmad Karisman Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi
  • Idris Supriadi STKIP Syekh Manshur

DOI:

https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.108

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Motivasi, Kinerja Guru, Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang arah dan kekuatan hubungan antara variabel kompetensi pedagogik, motivasi kerja, dan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh sumber daya manusia di SMA Al Amanah Ciwidey yang berjumlah 66 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis koefisien korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik, dan kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kinerja guru. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa kombinasi variabel kompetensi pedagogik dan motivasi memberikan kontribusi signifikan terhadap variabilitas kinerja guru. Kesimpulannya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi secara bersama-sama dengan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey, meskipun variabel kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang lebih kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Sobarna, Sumbara hambali, Sanday Tantra Pratama, Mohd Shariman Shafie, Muhammad Gilang Ramadhan. (2023). The Effect of Training Stride Length and Stride Frequency On Increasing Sprint Speed. Journal Migration Letters 20 (6), 1122-1136.

Akhmad Sobarna, Joseph Lobo, Edi Setiawan, Kristia Estilo, Lou Margarett Parcon, Andrea Audine Bulquerin, Jackelyn Delos Santos, Mike Jhun Valencia, Joanna Marie Sabid, Frienzie Inayan, (2023). An examination Of an 8-week online activity-specific skills program to BMI of local college student. Journal Fizjoterapia Polska 3 (2023), 228-234.

Akhmad Sobarna, Ahmad Hamidi,. (2023). Improving Adolescent Life Skills Through Sport Programs At The Child Correctional Institution, Jurnal pendidikan Jasmani dan Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 8, No 2 (2023)

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Uhing, Yantje. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja,. Kemampuan Kerja Dan Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EMBA. Vol.7.

McClelland, D.C. (1987). Human Motivation. New York: Cambridge University. Press.

Mu'rifah, dan Hardianto Wibowo, (1992). Pendidikan Kesehatan, Jakarta: Depdikbud RI.

Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukintaka. (1992). Teori Bermain untuk D2, PGSD Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.Dirjendikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susilo. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suwanto. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Karyawan Pada Koperasi Bmt El-Raushan Tangerang. Jenius Vol.3. No.2.

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Lombok Barat.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Yusuf, J. B., Rohendi, A., Karisman, V. A., & Supriadi, I. (2024). Hubungan Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Al Amanah Ciwidey. Metakognisi, 6(2), 80–90. https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.108

Issue

Section

Articles