Hubungan Kompetensi Pedagogik Dan Motivasi Dengan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Al Amanah Ciwidey
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.108Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Motivasi, Kinerja Guru, Pendidikan JasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang arah dan kekuatan hubungan antara variabel kompetensi pedagogik, motivasi kerja, dan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh sumber daya manusia di SMA Al Amanah Ciwidey yang berjumlah 66 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu mengambil semua anggota populasi sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis koefisien korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik, dan kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, sedangkan motivasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik terhadap kinerja guru. Analisis regresi linier menunjukkan bahwa kombinasi variabel kompetensi pedagogik dan motivasi memberikan kontribusi signifikan terhadap variabilitas kinerja guru. Kesimpulannya, terdapat hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan motivasi secara bersama-sama dengan kinerja guru pendidikan jasmani di SMA Al Amanah Ciwidey, meskipun variabel kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang lebih kuat.
Downloads
References
Akhmad Sobarna, Sumbara hambali, Sanday Tantra Pratama, Mohd Shariman Shafie, Muhammad Gilang Ramadhan. (2023). The Effect of Training Stride Length and Stride Frequency On Increasing Sprint Speed. Journal Migration Letters 20 (6), 1122-1136.
Akhmad Sobarna, Joseph Lobo, Edi Setiawan, Kristia Estilo, Lou Margarett Parcon, Andrea Audine Bulquerin, Jackelyn Delos Santos, Mike Jhun Valencia, Joanna Marie Sabid, Frienzie Inayan, (2023). An examination Of an 8-week online activity-specific skills program to BMI of local college student. Journal Fizjoterapia Polska 3 (2023), 228-234.
Akhmad Sobarna, Ahmad Hamidi,. (2023). Improving Adolescent Life Skills Through Sport Programs At The Child Correctional Institution, Jurnal pendidikan Jasmani dan Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 8, No 2 (2023)
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Uhing, Yantje. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja,. Kemampuan Kerja Dan Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EMBA. Vol.7.
McClelland, D.C. (1987). Human Motivation. New York: Cambridge University. Press.
Mu'rifah, dan Hardianto Wibowo, (1992). Pendidikan Kesehatan, Jakarta: Depdikbud RI.
Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukintaka. (1992). Teori Bermain untuk D2, PGSD Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.Dirjendikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilo. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suwanto. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Karyawan Pada Koperasi Bmt El-Raushan Tangerang. Jenius Vol.3. No.2.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat. Lombok Barat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jati Baharudin Yusuf, Aep Rohendi, Vicky Ahmad Karisman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.