UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS IV SDN SUKAMANAH 3 KADUHEJO PANDEGLANG

Authors

  • Een Rohaeni SDN Sukamanah 3 Kaduhejo Pandeglang

Keywords:

Hasil Belajar Pecahan Sederhana, Media Kartu Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas IV SDN
Sukamanah 3 Kecamatan Kaduhejo pada Tahun Pelajaran 2017/2018 menggunakan media kartu
pecahan. Penelitian ini menerapkan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan
McTaggart. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa Kelas IV Semester 1 (Ganjil) SDN Sukamanah 3
Kecamatan Kaduhejo pada Tahun Pelajaran 2017/2018, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 5 siswa
perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika pada materi pecahan sederhana
setelah menggunakan media kartu pecahan. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi
dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Keberhasilan
penelitian ini ditetapkan dengan persentase minimal 90% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) sekolah, yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu
pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi membandingkan pecahan
sederhana siswa Kelas IV Semester 1 (Ganjil). Rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 13,63 poin
dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 68,18, sedangkan pada siklus
II meningkat menjadi 81,81. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 54,54% pada siklus I
menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil.

 

Downloads

Published

2024-07-16