Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v5i2.69Abstract
Penggunaan media pembelajaran modern seperti laptop, chrombook, gadget, proyektor, powerpoin bisa digunakan apabila sudah ditunjang dengan fasilitas atau sarana yang memadai. Namun dibeberapa sekolah fasilitas penunjang pembelajaran tersebut masih masih belum bisa digunakan karena minimnya sarana sehingga media yang digunakan masih bersifat konvensional seperti penggunaan karton, kartu dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pandeglang pada pembelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan minat belajar siswa denga menggunakan media pembelajaran konvensional. Penggunaan media pembelajaran konvensional digunakan karena media pembelajaran berbasis modern belum bisa dilakukan karena masih minimnya fasilitas sekolah. Meski demikian, minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran matematika semakin membaik, hal itu dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan ditunjukan dalam hasil pengisisan angket.
Downloads
References
Linda. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI Semester III STAI Syekh Manshur Pada Mata Kuliah Matematika II Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Jurnal Cakrawala Pedagogik STKIP Syekh Manshur.
Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1)
Kusnadi, E., Martini,E., & Nugraha, G. N.(2017). Konstruk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 150–163
Jaya Wibawa, I. M. A., &Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan
Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124.
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665
Aripin, Usman., dan Purwasih Ratni. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematik. Vol. 6, No. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Nurgiansah, T. H.,& Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa Matematika UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pasundan, 2(2), 97–102.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
molenda, M. Basyirudin, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Surdaya Juniawan, Siti Nurhasanah, Hadromi, Siti Silvia, Asep Sapullah Kamali, Ismi Widyaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.