Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Surdaya Juniawan STKIP Syekh Manshur
  • Siti Nurhasanah STKIP Syekh Manshur
  • Hadromi STKIP Syekh Manshur
  • Siti Silvia STKIP Syekh Manshur
  • Asep Sapullah Kamali STKIP Syekh Manshur
  • Ismi Widyaningrum STKIP Syekh Manshur

DOI:

https://doi.org/10.57121/meta.v5i2.69

Abstract

Penggunaan media pembelajaran modern seperti laptop, chrombook, gadget, proyektor, powerpoin bisa digunakan apabila sudah ditunjang dengan fasilitas atau sarana yang memadai. Namun dibeberapa sekolah fasilitas penunjang pembelajaran tersebut masih masih belum bisa digunakan karena minimnya sarana sehingga media yang digunakan masih bersifat konvensional seperti penggunaan karton, kartu dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pandeglang pada pembelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan minat belajar siswa denga menggunakan media pembelajaran konvensional. Penggunaan media pembelajaran konvensional digunakan karena media pembelajaran berbasis modern belum bisa dilakukan karena masih minimnya fasilitas sekolah. Meski demikian, minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran matematika semakin membaik, hal itu dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan ditunjukan dalam hasil pengisisan angket.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Linda. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGMI Semester III STAI Syekh Manshur Pada Mata Kuliah Matematika II Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Jurnal Cakrawala Pedagogik STKIP Syekh Manshur.

Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiansah, T. H., & Pringgowijoyo, Y. (2020). Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Jurisprudensial Pada Guru Di KB TK Surya Marta Yogyakarta. KUAT: Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan. PKNSTAN, 2(1)

Kusnadi, E., Martini,E., & Nugraha, G. N.(2017). Konstruk Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 150–163

Jaya Wibawa, I. M. A., &Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan

Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124.

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665

Aripin, Usman., dan Purwasih Ratni. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematik. Vol. 6, No. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Nurgiansah, T. H.,& Widyastuti, T. M. (2020). Membangun Kesadaran Hukum Mahasiswa Matematika UPY Dalam Berlalu Lintas. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pasundan, 2(2), 97–102.

https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

molenda, M. Basyirudin, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers

Downloads

Published

30-07-2023

How to Cite

Juniawan, S., Siti Nurhasanah, Hadromi, Siti Silvia, Asep Sapullah Kamali, & Ismi Widyaningrum. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika. Metakognisii, 5(2), 125–130. https://doi.org/10.57121/meta.v5i2.69

Issue

Section

Articles