Implementasi Aplikasi ClassPoint dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Novel Kelas XII MA Negeri 1 Serang

Authors

  • Adinda Galih Mustika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Dewi Sriana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tatu Hilaliyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.57121/meta.v7i1.290

Keywords:

Keywords: Implementation, Learning Media, Classpoint

Abstract

 

Pesatnya perkembangan teknologi menggiring manusia untuk selalu belajar terkait dengan keterbaruan yang ada. Salah satu pembaruan yang terjadi dalam pendidikan ialah dengan memanfaatkan digital yakni aplikasi ClassPoint dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi ClassPoint dalam pada materi Novel kelas 12 yang membahas analisis unsur intrinsik. Penelitian termasuk ke dalam deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ialah siswa kelas XII Jurusan IPS adapun objek yang diteliti ialah proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi novel dalam analisis unsur intrinsik. Penelitian dilakukan di MA Negeri 1 Serang selama 2 minggu yang dilakukan di kelas XII IPS karena terhambatnya waktu penelitian maka peneliti memutuskan kelas XII IPS menjadi sampel. Penelitian berkaitan dengan implementasi ClassPoint sebagai media pembelajaran mencakup dua hal 1) media presentasi guru di kelas, 2) media penilaian dan evaluasi. Selain itu juga  penelitian meninjau kelebihan dan kekurangan ClassPoint dalam Pembelajaran novel. Lebih lanjut, hasil penelitian menunjukkan 84,19% hasil dari respon angket siswa kelas 12 IPS MA Negeri 1 Serang di mana siswa merasa puas dan termotivasi terkait penerapan pembelajaran menggunakan aplikasi ClassPoint.  Selain itu, siswa juga merasa aktif di kelas dalam penggunaan aplikasi ClassPoint karena sangat mudah dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasniati. (2019). Pengantar Sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Istiqomah, Siti. (2024)."Penerapan Media Presentasi ClassPoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Peserta Didik di MTsN 9 Jombang". dalam Jurnal Edu Aksara, Volume 3, Nomor 1.

Karo-karo, Isran Rasyid dan Rohani. (2018). "Manfaat Media dalam Pembelajaran". dalam Jurnal Axiom, Volume 7, Nomor 1.

Moleong, Lexy J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bndung: PT Remaja Rosdakarya.

Ni’mah, Asa Mardiyatim., dan Supriyo. (2024). "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Classpoint Pada Materi Relasi dan Fungsi di SMPN 4 Pasuruan". dalam Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Volume 8, Nomor1.

Nurgiyantoro, Burhan. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyalarta: Gadjah Mada University Press.

Prastowo, Andi. (2018). "Transformasi Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia". dalam JIP Jurnal Ilmiah PGMI, Volume 4, Nomor 2.

Rizky, Muhammad, dkk. (2023). "Transformasi Pendidikan : Pengaruh Media Pembelajaran Classpoint terhadap Minat Belajar Materi IPS Siswa MI Palembang". dalam Jurnal Limas PGMI, Volume 4, Nomor 2.

Rahman, Musyirah, dkk. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran. dalam Journal on Education, Volume 5 Nomor 1

Safira, Fitria Belqis. (2022). "Pengembangan Media Pembelajaran Variasi Kuis Interaktif deingan Artikuilate Storyline pada Materi Fabel uintuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Keilas VII di SMP Neigeiri 02 Taluin". dalam Jurnal Peneletian, Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Volume 17, Nomor 14.

Setiyanto, Sigit., dan Ismail Setiawan. (2023). "Student views on the use of classpoint interactive learning media in religious education subjects". dalam Jurnal Riset Sistem Dan Teknologi Informasi, Volume 1, Nomor 1.

Slamet, St. Y. (2014). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Sundari, Dian Hadiyani. Iskandar, dan Muklis (2021). "Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta". dalam Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, Volume 3, Nomor 3.

Triatmaja, Adhy Kurnia, dkk. (2021). "Optimalisasi Kemampuan Guru Melalui Pelatihan Kuis Interaktif Secara Daring Berbasis Teknologi Informasi". dalam Jurnal Surya Masyarakat, Volume 4, Nomor 1.

Utari, Widya. Raden Burhan Surya Nata Diningrat, dan Adek Cerah Kurnia Azis. (2023). Media kuis interaktif dengan aplikasi classpoint. dalam Jurnal INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), Volume 1, Nomor 2.

Downloads

Published

01-01-2025

How to Cite

Galih Mustika, A., Dewi Sriana, & Tatu Hilaliyah. (2025). Implementasi Aplikasi ClassPoint dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Novel Kelas XII MA Negeri 1 Serang . Metakognisi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.57121/meta.v7i1.290

Issue

Section

Articles