PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA (Survai Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Pandeglang)
DOI:
https://doi.org/10.57121/meta.v6i1.161Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 4 Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPA SMA Negeri 4 Pandeglang, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket perhatian orangtua dan motivasi belajar, sedangkan data hasil belajar fisika diambil dari nilai ujian tengah semester. Analisis data menggunakan uji regresi dan korelasi dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap hasil belajar fisika dengan persamaan regresi Ŷ = 2,664 + 1,324 X1. Perhatian orangtua memberikan kontribusi sebesar 10,55% terhadap hasil belajar fisika. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika dengan persamaan regresi Ŷ = 4,406 + 1,171 X2. Motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 10,86% terhadap hasil belajar fisika. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orangtua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar fisika dengan persamaan regresi Ŷ = 6,092 + 0,134X1 + 1,263X2. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru fisika agar memperhatikan dan mengemas pembelajaran yang menarik dan interaktif serta menjaga hubungan baik dengan orangtua siswa untuk meningkatkan perhatian orangtua dan motivasi belajar siswa. Kepada orangtua disarankan untuk memberikan fasilitas belajar yang memadai agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa.
Kata kunci: perhatian orangtua, motivasi belajar, hasil belajar fisika
Downloads
References
Anni, C.T. (2002). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Ahmadi, A., & Uhbiyati, N. (1991). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dakir. (1993). Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mahmud, D. (1990). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Purwanto, M.N. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.
Sardiman, A.M. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siti Partini. (1977). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Studi Offset.
Slameto. (1998). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Uno, H.B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A Zaenal Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.