Analisis Nilai Positif Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Pada Anak

Authors

  • Teguh Ardianto STKIP Babunnajah
  • Andri Imam Subekhi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Babunnajah Pandeglang

DOI:

https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.114

Keywords:

Nilai Spiritual, Nilai Karakter, Buku Cerita Rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai yang dapat membentuk karakter siswa dalam buku cerita rakyat, mengevaluasi sejauh mana nilai-nilai positif dalam buku cerita tersebut dapat memengaruhi pembentukan karakter, serta menginvestigasi metode-metode yang digunakan sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang dapat memengaruhi berkurangnya minat baca siswa terhadap buku cerita rakyat serta menggeser tata nilai dalam kehidupan. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa buku "Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi" mengandung beberapa nilai positif yang dapat membentuk karakter siswa. Terdapat tiga cara menanamkan nilai karakter pada siswa, yaitu sebelum pembelajaran dimulai, saat pembelajaran berlangsung, dan di luar jam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan membaca dan memahami secara komprehensif sumber data yang menunjang penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai positif dalam cerita rakyat dapat menjadi sarana efektif dalam pembentukan karakter anak. Temuan ini menegaskan pentingnya melestarikan dan memanfaatkan kekayaan cerita rakyat Indonesia dalam upaya membangun karakter generasi muda di tengah arus modernisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Safwan (2013). Pentingnya Belajar Sejarah. Jurnal Historia, 1(2), 9-16.

Angelia, Yustitia. (2014). Kumpulan Cerita Rakyat 33 Provinsi. Yogyakarta: Lingkar Media.

Atmazaki (2007). Ilmu Sastra: Teori dan Terapan (2nd ed.). Padang: UNP Press.

Gusnetti, Syofiani, & Isnanda (2015). Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Gramatika, 1(2), 183-192.

Gusviani, Evi (2016). Analisis Kemunculan Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD yang Menggunakan KTSP dan Kurikulum 2013. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 96-100.

Jabrohim, Ed. (2012). Teori Penelitian Sastra (Rev. ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Majid, M. Arifin Arsyil (2015). Analisis Nilai Karakter Dongeng dan Cerita Rakyat Indonesia pada Buku "Dongeng dan Cerita Rakyat Nusantara paling Melegenda" Tulisan Ajeng Restiyani. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 45-58. ISSN: 2442-8485, E-ISSN: 2460-6319.

Melasarianti, Lalita (2015). Membentuk Karakter Anak Sesuai Prinsip Pancasila Melalui Cerita Rakyat. Jurnal Lingua Idea, 6(1), 1-8.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (T. R. Rohidi, Trans.). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munirah (2015). Sistem Pendidikan di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita. Jurnal Auladuna, 2(2), 233-245.

Ngafifi, Muhamad (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.

Nurkholis (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.

Semi, M. Atar (1993). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Soetarno (2003). Sumber Daya Pendidikan dengan Pendekatan Sistem. Makalah Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yaumi, Muhammad (2008). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yanti, Novia, Ermawati, Rona, & Hayati, Yenni (2013). Cerita Rakyat Penamaan Desa di Kerinci: Kategori dan Fungsi Sosial Teks. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, 1(1), 31-41.

Downloads

Published

30-01-2024

How to Cite

Ardianto, T., & Subekhi, A. I. (2024). Analisis Nilai Positif Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Pada Anak. Metakognisii, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.57121/meta.v6i2.114

Issue

Section

Articles